Cara Aman Saat Hamil dan Jelang Persalinan, Puskesmas Bunten Barat Adakan Sosialisasi Cegah Preeklamsia
Cari Berita

Cara Aman Saat Hamil dan Jelang Persalinan, Puskesmas Bunten Barat Adakan Sosialisasi Cegah Preeklamsia

Tuesday, 3 December 2019

Saat ibu hamil mengikuti sosialisasi Preeklamsia atau kejang di Puskesmas Bunten Barat kecamatan Ketapang Sampang.(Foto : Saman/Biro Sampang).

SAMPANG, Madurapost.co.id - Puskesmas Bunten Barat, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, menggelar kegiatan Sosialisasi Mencegah preeklamsia atau kejang pada ibu dan bayi, Selasa.(3/12/2019).

Kegiatan Sosialisasi preeklamsia diadakan demi menyelamatkan ibu dan bayi sebelum dan saat proses persalinan.

Acara yang mengusung tema "Selamatkan Ibu Melahirkan dan Bayi dari eklamsia atau kejang"  tersebut berguna untuk mencegah ibu hamil karena naiknya tekanan darah tinggi, yang diikuti oleh sekitar 50 peserta dari 7 desa bagi ibu yang mengalami hamil.

Sri Fuji Hastina selaku Pelaksana kegiatan mengatakan, gebyar preeklamasia diadakan ini untuk mendeteksi secara dini sehingga bisa mencegah kejadian kelainan sedini mungkin. Pasalnya saat ini angka kematian ibu sangat tinggi khususnya di kabupaten sampang.

"Jadi sebelum terjadi gangguan harus di cegah dengan adanya gebyar preeklamsia,"tuturnya.

Sri menambahkan, angka kematian tertinggi disebabkan eklamsia. Sehingga kegiatan tersebut rutin diadakan di Puskesmas dalam tiap tahun.

"Dengan adanya gebyar ini bisa menurunkan anti AKB di kabupatem Sampang khususnya dipuskemas setempat," pungkasnya.(Mp/Man/Din).