Program Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep 2020, Sebanyak 36 SD Akan Terapkan USBN - BK
Cari Berita

Program Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep 2020, Sebanyak 36 SD Akan Terapkan USBN - BK

Sunday, 1 December 2019

Bambang Irianto, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep

SUMENEP, Madurapost.co.id - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan melakukan uji coba pada 36 Sekolah Dasar (SD) Negeri dan Swasta untuk melaksanakan Ujian Sekolah Berstandart Nasional Berbasis Komputer (USBN-BK) pada tahun 2020.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumenep, Bambang Irianto, mengatakan, uji coba USBN-BK tersebut terfokus kepada SD di wilayah Kecamatan Kota dan SD rujukan mutu.

"Sementara ini, kami uji coba hanya beberapa SD yang meliputi SD di wilayah Kota Sumenep dan SD rujukan mutu,” kata Bambang, pada media ini, Minggu (1/12).

Bambang menargetkan, apabila pelaksanaan di tahun 2020 terlaksana dengan baik, maka di tahun 2021 bisa dilaksanakan di semua kecamatan Kabupaten Sumenep.

“Kalau uji coba ini berhasil, maka kami akan melanjutkan di tahun 2021 dengan menggelar USBN-BK,” papar dia dengan rinci.

Menurutnya, SD yang termasuk rujukan mutu sudah mempunyai kelengkapan ITE, sebab telah mendapatkan bantuan komputer dari Disdik setempat.

“SD rujukan mutu akan dijadikan pelaksana awal dalam USBN-BK. Dan sekolah yang belum mempunyai kelengkapan komputer, akan tetapi siswanya mampu untuk mengikuti USBN-BK, bisa bergabung ke sekolah rujukan mutu tersebut,” terangnya.

Saat ini, segala persiapan telah mulai dilakukan, seperti pendataan dan validitasi peserta, sehingga waktu pelaksanaan tidak terkendala dengan peserta yang harus mengikuti USBN-BK.

“Kami sangat optimis pelaksanaan USBN-BK ini berjalan dengan baik, dan kami akan mengevaluasi hasilnya, apabila sudah memenuhi standart maka kami akan melakukan koordinasi dengan beberapa Kecamatan untuk pelaksanaan di tahun 2021 secara serentak di semua SD di Kabupaten Sumenep,” tukasnya. (Mp/Mhe/Rul)