Dana Desa Di Kabupaten Pamekasan, JCW: Kepentingan Kepala Desa Diatas Kepentingan Masyarakat
Cari Berita

Dana Desa Di Kabupaten Pamekasan, JCW: Kepentingan Kepala Desa Diatas Kepentingan Masyarakat

Sunday, 1 December 2019



Khairul Kalam LSM Jatim Corruption Watch (JCW) Jawa Timur ( Dok : Madurapost.co.id)

PAMEKASAN, Madurapost.co.id - sejak bergulirnya program Dana Desa tahun 2015 sebagai implementasi Undang - Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber Dari APBN. Realisasi Dana Desa Di Kabupaten Pamekasan Masih berorientasi pada program yang lebih menghasilkan incum untuk kepala desa.

Program pemberdayaan Masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin melalui program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masih jarang dimanfaatkan oleh kepala desa.

Hal itu disampaikan Khairul Kalam selaku pegiat anti Korupsi JCW Jawa Timur dalam upaya menyikapi problem Dana Desa Di Kabupaten Pamekasan yang notabene dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur.

"Membangun Infrastruktur bukan salah, Namun lebih banyak program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat justru tidak dilaksanakan oleh Kepala Desa" Kata Khairul

"Kepala desa cuma bisa membuat program pembangunan jalan, TPT, Saluran Dan Program Pembangunan yang lain, Sedangkan Masyarakat yang sangat miskin, bahkan Rumahnya hampir roboh tidak tersentuh Program Dana Desa" Imbuhnya

Menurut Khairul, realisasi DD untuk proyek pembangunan Di Desa lebih diminati oleh kepala desa karena lebih menguntungkan.

Demikian disampaikan Khairul melihat fakta pekerjaan Proyek Dana Desa di Kabupaten Pamekasan yang tidak sesuai RAB, Bahkan ada sebagian desa yang tidak mengerjakan Proyek DD (Fiktif).

"Saya tahu, dimana desa yang serius mengelola Dana Desa, Dan mana Desa yang hanya memanfaatkan Dana Desa untuk memperkaya diri dan Bayar Hutang" imbuhnya

Salah satu program yang jarang diminati oleh kepala desa di Kabupaten Pamekasan adalah BUMDes, Padahal adanya BUMDes merupakan icon desa berkembang dan sebagai solusi meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.

"Mindset kepala desa yang berorientasi pada keuntungan Pribadi, akan sulit merealisasikan program BUMDes" Pungkasnya

Khairul Berharap agar kepala Desa lebih berinovasi dalam merealisasikan program Dana Desa. Jangan hanya bertumpu pada pembangunan infrastruktur dan mengesampingkan program pemberdayaan masyarakat yang justru lebih diharapkan, terutama masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah.(Mp/Uki/Rul)