Usung Konsep Milenial, Pilkades Lebeng Barat Dikemas Ala Resepsi Pengantin
Cari Berita

Usung Konsep Milenial, Pilkades Lebeng Barat Dikemas Ala Resepsi Pengantin

Thursday, 7 November 2019

Kedua Calon Kepala Desa Lebeng Barat Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep.(Foto : Fatholla)

SUEMENEP, MaduraPost.co.id - Prosesi pemilihan kepala Desa di Desa Lebeng Barat Kecamatan Pasongsongan Kabupaten Sumenep Madura, terbilang unik. Pasalnya, panggung kontestan dikemas ala resepsi pernikahan, Kamis  (07/19/2019).

Dua kontestan Pilkades Serentak 2019 di Desa Lebeng Barat  merupakan pasangan suami istri. Mereka adalah, Sumar'um nomor urut 1 dan Ulfatul Jannah nomor Urut 2. Keduanya tampak duduk bersanding layaknya pasangan yang sedang melangsungkan resepsi pernikahan.

Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Desa Lebeng Barat, Yussalam mengatakan, konsep dekorasi pelaminan tersebut merupakan inisiatif P2KD setempat. Konsep itu dipilih lantaran hanya terdapat dua orang saja dan itu pun sepasang suami istri.

"Kami ingin menghadirkan konsep Pilkades yang berbeda dari desa lainnya ini namanya konsep milenial," kata Yus

Yus mengaku, konsep tersebut nyatanya mengundang antusias dari masyarakat setempat. Beberapa warga berbondong-bondong mendatangi TPS untuk menggunakan hak suara mereka.

"Meski kedua calon ini pasangan suami istri, kami lihat tidak mengurangi antusias masyarakat untuk datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya," ujarnya.

Dari hasil penghitungan surat suara, Ulfatul Jannah memperoleh 2241 suara dan dinyatakan menang atas Sumar'um  yang memperoleh 854. Ulfatul Jannah mampu mengalahkan suaminya yang sudah 2 periode menjabat Kepala Desa.

Untuk diketahui, Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 3.422, yang hadir sebanyak 3.226 dengan suara tidak sah 31. (Mp/fat/din)