Unik, Upacara Peringatan Hari Jadi Pamekasan Ke-489 Bernuansa Budaya Madura
Cari Berita

Unik, Upacara Peringatan Hari Jadi Pamekasan Ke-489 Bernuansa Budaya Madura

Monday, 4 November 2019

Upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pamekasan yang ke-489 dilakukan dengan cara yang unik. (Foto: Efita Damayanti/Biro Pamekasan)

PAMEKASAN, Madurapost.co.id - Upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pamekasan yang ke-489 dilakukan dengan cara yang unik, dengan menggunakan bahasa Daerah Madura, di gelar di halaman Kantor Bupati, Jl. Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Senin (04/11/19).

Selain menggunakan bahasa madura, para peserta upacara yang diikuti oleh Wakil Bupati Pamekasan, Forpimda, Pimpinan OPD serta aparatur sipil negara (ASN), mengenakan baju adat Madura berupa Pesak dan Odeng bagi peserta laki-laki, sedangkan untuk peserta wanita menggunakan baju adat marlena.

Wakil Bupati Pamekasan, Raja'e bertindak sebagai inspiktur upacara. Dihadiri oleh, Kapolres Pamekasan, AKBP Teguh Wibowo, serta Dandim 0826/Pamekasan, Letkol Inf M Efendi.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Pamekasan, Raja'e mengatakan, hari ini merupakan hari yang luar biasa bagi kita semua masyarakat Kabupaten Pamekasan, karena pada hari ini kita semua dapat melaksanakan upacara besar Hari Jadi Kabupaten Pamekasan yang ke-489.

"Alhamdulillah semua rangkaian acara sudah dilaksanakan dengan lancar, pertunjukan kesenian dan budaya Pamekasan sudah dipersembahkan kepada seluruh masyarakat Pamekasan," katanya.

Raja'e mengajak masyarakat untuk melestarikan bahasa Madura sebagai bahasa daerah dan sebagai warisan budaya.

Dengan menggunakan bahasa Madura, kita telah memberikan contoh kepada generasi muda, bahwa penting bagi kita untuk mengingat dan menanamkan nilai-nilai khazanah warisan budaya yang kita miliki di Madura.

"Khususnya di Pamekasan," ujarnya

Lanjut dirinya, berkat ketekunan orang Madura, Pamekasan banyak meraih prestasi, salah satunya mendapat penghargaan sebagai Kabupaten layak pemuda yang diserahkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga.

Dalam kesempatan ini pula diakhir acara, Raja'e memberikan penghargaan kepada 64 ASN yang telah mengabdi kepada Bangsa dan Negara, serta kepada para pemenang lomba dalam rangka Hari Jadi Pamekasan. (mp/ita/zul)