Pekerjaan Kontruksi Rehabilitasi Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Toket Diduga Tidak Sesuai RAB dan RKS
Cari Berita

Pekerjaan Kontruksi Rehabilitasi Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Toket Diduga Tidak Sesuai RAB dan RKS

Monday, 4 November 2019

Candra dari LSM Gempur saat melihat pekerjaan Kontruksi Pustu Desa Toket

PAMEKASAN, Madurapost.co.id - Pemerataan pembangunan yang di canangkan pemerintah sudah banyak terealisasi namun sangat disayangkan tak semua pekerjaan tersebut terlaksana dengan baik dan benar.

Salah satu contoh ialah Pekerjaan Kontruksi Rehabilitasi Puskesmas Pembantu ( Pustu) Desa Toket dengan anggara sebesar Rp 572.927.485,44 yang dikerjakan oleh CV Dua Putra Jaya berlokasi di Kecamatan Proppo Pamekasan dan dengan waktu pekerjaan 90 Hari Kalender sejak 17 September 2019.

Ditelaah dari besarnya anggaran dan hasil pekerjaan sampai saat berita ini di publish menimbulkan berbagai spekulasi dan komentar miring. Salah satu lembaga kontrol sosial yang berkomentar dengan kejanggalan tersebut yakni Candra dari LSM GEMPUR ( Gerakan Mahasiswa Peduli Rakyat ).

"kalau saya melihat anggaran sebanyak ini dan hasil yang dikerjakan sampai saat ini, sangat jauh ketimpangannya. Untuk aturan papan informasi memang sudah terpasang meskipun ditempelkan ke batang pohon," ujar Candra.

"yang paling membuat saya heran ialah tata cara dan alat yang dipakai dalam pekerjaan tersebut. Untuk anggaran sebesar itu saya sama sekali tidak nampak ada alat berat seperti mesin molen beton  yang dipergunakan untuk pengecoran. Dan pengecorannya pun tidak simestris pada beberapa bagian. Serta bahan - bahannya seperti pasir dan besi saya duga jauh dari aturan," ungkapnya.

Memang dari keterangan yang disampaikan Candra terutama bahan besi cornya, pemasangannya selang seling antara ukuran besar dan kecil dan itupun tidak lurus sejajar.

Sampai saat berita ini di publish pihak dinas yang menaungi pekerjaan proyek tersebut, belum bisa dihubungi untuk dimintai keterangan. (mp/uki/rul)