Mahfud, Warga Bira Timur Sokobanah yang Sukses Menjadi Petani Melon
Cari Berita

Mahfud, Warga Bira Timur Sokobanah yang Sukses Menjadi Petani Melon

Monday, 25 November 2019

Mahfud (Kadua dari kiri) saat foto bersama dengan Bupati Sampang (H. Slamat Junaidi) dan Fotkopimcam Kecamatan Sokobanah (Foto: Imron Muslim/Biro Sampang)

SAMPANG, MaduraPost.co.id - Disaat warga di daerahnya lebih banyak memilih untuk merantau ke luar negeri, tetapi beda halnya dengan apa yang dilakukan oleh pemuda yang satu ini. Mahfud warga dusun Merenget Barat desa Bira Timur Sokobanah Sampang ini lebih memilih untuk bertani melon di kampungnya.

Tak tanggung-tanggung lahan tiga hektare ia gunakan untuk menanam buah melon dan semangka.

Karena kesuksesannya dalam bidang pertanian, beberapa investor berani menggelontorkan modal kepada pemuda tersebut.

Salah satunya adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bank swasta tersebut memberikan suply dana sebesar 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) kepadanya.

Melalui program CSR tersebut pihak Bank BRI memberikan bantuan mesin bor yang langsung hadir di desa Bira Timur.

Bupati Sampang H.Slamet Junaidi  juga turut hadir dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertempat di Desa Bora Timur. Senin (25/11/2019).

Slamet Junaidi mengajak kepada seluruh masyarakat Bira Timur khususnya untuk terus mandiri dalam mengembangkan potensi desanya. Salah satunya dengan potensi tanam melon.

"Saya apresiasi apa yang dilakukan oleh saudara Mahfud ini," tuturnya.

H. Idi berharap masyarakat Sampang tidak tergantung dengan merantau keluar negeri dengan menjadi TKI. Karena menurutnya, selama ini masyarakat Sampang mayoritas masih menjadi TKI diluar negeri.

"Dengan luas lahan 78 hektare yang ada di Sampang harusnya masyarakat bisa mandiri dan punya inovasi untuk perekonomian Sampang tanpa harus ke luar negeri," imbuhnya.

Sementara itu Camat Sokobanah, Ahmad Firdausi juga mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Mahfud tersebut. Menurutnya, Mahfud merupakan satu warga yang punya inovasi di bidang pertanian.

"Semoga warga yang lain bisa meniru apa yang sudah di kembangkan oleh dia (Mahfud)," harapnya.

Senada dengan Camat Sokobanah, Kepala Desa Bira Timur, Pathorrahman, ikut bangga dengan pencapaian warganya tersebut.

"Siapapun yang mau ber inovasi di bidang tersebut pemerintah desa siap memfasilitasi," tutur Pathor.

"Tak hanya dibidang pertanian saja, kalau dari masyarakat ada yang punya usaha dari sektor apa saja silahkan komunikasi dengan kami pihak desa, kami siap fasilitasi," tukasnya. (Mp/ron/lam)