Lapangan Merdeka Ketapang Diwacanakan Jadi Taman, Pembangunan Butuh Anggaran Rp 4 Miliar
Cari Berita

Lapangan Merdeka Ketapang Diwacanakan Jadi Taman, Pembangunan Butuh Anggaran Rp 4 Miliar

Friday, 1 November 2019

Seorang warga berada di lapangan merdeka barat, kecamatan Ketapang

SAMPANG, Madurapost.co.id - Lapangan Merdeka yang berlokasi di Desa Ketapang Barat, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, direncanakan akan dijadikan Taman Ruang Terbuka Hijau.

Kabid Konservasi dan Rehabilitasi Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sampang, Imam Irawan mengatakan, rencana pembangunan taman di wilayah utara merupakan upaya pemkab dalam menambah ketersediaan ruang terbuka hijau di Kota Bahari. Rencana pembangunan tersebut diperkirakan akan menelan biaya sebesar 4 Miliyar.

"Pemkab juga mengupayakan anggaran pembangunan taman nantinya bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Petronas," Terangnya.

Menurut Irawan, Taman tersebut nantinya akan  dikonsep  seperti taman keluarga dan taman bermain anak. Beberapa fasilitas yang akan dibangun,  Misalnya, kolam air mancur, tempat duduk, tempat berfoto, fasilitas bermain untuk anak-anak, dan semacamnya. Selain itu, Pembangunan taman juga bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, selama ini di wilayah pantura belum ada taman yang bisa dikunjungi warga.

"Perencanaannya sudah, grand designnya juga sudah ada. Sekarang tinggal mencari dananya," tutur Irawan. Jumat.


Sementara itu, Bupati Sampang,  Slamet Junaidi, mengatakan, pembangunan taman tersebut tisak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Sebagian dana tersebut nantinya akan diambilkan dari dana CSR PT Petronas.  Jika disetujui, pembangunan taman akan dimulai pada tahun 2020 mendatang.

"Kami bersama DPRD dari Dapil Ketapang - Banyuates sudah berkoordinasi dengan PT. Petronas terkait dengan pengajuan dana CSR untuk pembangunan taman di wilayah tersebut, nanti mulainya bertahap" Paparnya.


Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Sampang, Moh. Subhan, mendukung rencana pembangunan taman di wilayah Pantura. Menurutnya, keberadaan taman akan sangat bermanfaat  bagi masyarakat yang hendak mengajak anak-anaknya untuk bermain.

Politikus asal Kecamatan Ketapang itu berharap agar rencana tersebut bisa segera terealisasi. Sehingga, masyarakat bisa mempunyai tempat untuk bersantai bersama keluarga dan bermain dengan anak.

"Selama ini warga Pantura hanya bisa membawa anak-anak bermain ke pantai," pungkasnya. (mp/zen/din)