Pipa JDU Bocor, UPT PJJ Pamekasan Saling Tuding Kesalahan Dengan PDAM
Cari Berita

Pipa JDU Bocor, UPT PJJ Pamekasan Saling Tuding Kesalahan Dengan PDAM

Friday, 4 October 2019

Pipa JDU Milik PDAM Bocor Akibat Pengerukan Tanah.(Foto: Efita/Biro Pamekasan)

PAMEKASAN, Madurapost.co.id - Pihak PDAM dengan UPT Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Pamekasan, yang merupakan leading sektor dari proyek pekerjaan pelebaran ruas jalan, saling tuding kesalahan.

Hal tersebut dikarenakan bocornya pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) milik PDAM Pamekasan pada Kamis (kemarin), akibat terkena alat bego dari pekerjaan proyek pelebaran ruas jalan yang berada di jalan stadion, tepatnya depan Kantor BKD Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Jumat (04/10).

Kawi, Kasi Pelaksana Koordinator Lapangan UPT PJJ Pamekasan mengatakan, pihak PDAM tidak sesuai dengan aturan soal penanaman kedalaman pipa JDU tersebut.

Menurutnya, dalam aturan dari sejak tahun 1934 yang diterbitkan, kedalaman penanaman pipa JDU seharusnya dengan kedalaman 1,5 meter dari permukaan tanah.

"Dalam aturannya, seharusnya pipa ditanam dengan kedalaman 1,5 meter," katanya.

"Pengerukan pelebaran jalan hanya setengah meter, namun ketika pekerja proyek menggali tanah yang baru sedalam 30 cm, ternyata ada pipa JDU tersebut," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak PDAM menuding kontraktor yang bersalah dalam insiden tersebut, dan pihak kontraktor yang harus bertanggung jawab, jika tidak maka pihak PDAM akan membawa permasalahan ini ke jalur hukum. (mp/eft/rus)