Jelang Pilkades Serentak Kabupaten Sumenep, Ratusan Cakades Kompak Deklarasi Damai
Cari Berita

Jelang Pilkades Serentak Kabupaten Sumenep, Ratusan Cakades Kompak Deklarasi Damai

Wednesday, 23 October 2019

Para Calon Kepala desa mengikuti Deklarasi Pilkades Sumenep 2019.(Foto: MHE/Biro Sumenep)

SUMENEP, MaduraPost.co.id - 654 Calon Kepala Desa di Kabupaten Sumenep ikuti deklarasi damai menjelang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak tahun 2019, di Gedung Kopri Sumemep, Rabu (23/10).

Acara tersebut dihadiri oleh  Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim, Kapolres Sumenep, Dandim 0827/Sumenep, Forkopimda, Pj Kades, tokoh agama, tokoh pemuda, serta panitia Pilkades serentak dari sejumlah desa di Sumenep.

Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim berpesan, selama pelaksanaan pilkades, masyarakat harus menjaga keamanan dan kondusifitas di Sumenep. Untuk itu, Busyro meminta, panitia pilkades disetiap desa menjalankan segala prosesnya dengan berpedoman pada Peraturan Bupati (Perbup) yang sudah ada. Yakni Perbup Sumenep nomor 54/2019 yang mengatur pelaksanaan Pilkades.

 “Tugas panitia itu sebagai pelaksana, bukan untuk memenangkan salah satu calon,” Terang Bupati Sumenep Dua Periode itu.

Busyro melanjutkan, semua unsur di desa harus dilibatkan dalam menjaga keamanan pilkades, mulai tokoh agama, tokoh pemuda, hingga tokoh wanita. Menurutnya, perbedaan politik dalam kontestasi pilkades adalah yang biasa.

“Keamanan itu tidak bisa ditawar-tawar. Keamanan itu adalah kewajiban bagi semua unsur di desa-desa,” katanya.

Untuk diketahui, Pilkades serentak tahun 2019 di Kabupaten Sumenep akan dilaksanakan di 226 desa, baik desa di wilayah daratan, maupun desa yang ada di wilayah kepulauan. Pilkades akan dilaksanakan dalam dua tahap, yakni tanggal 07 November untuk 174 desa di daratan, sedangkan 52 desa di kepulauan akan melaksanakan pilkades tanggal 14 November 2019.(mp/Mhe/Rul)