Di Hari Santri Nasional, Pengasuh Pesantren Al Bashrowi Sampang Minta Santri Jaga NKRI
Cari Berita

Di Hari Santri Nasional, Pengasuh Pesantren Al Bashrowi Sampang Minta Santri Jaga NKRI

Tuesday, 22 October 2019

Suasana saat Upacara Bendera Merah Putih di PP. Al Bashrowi Bira Timur Sokobanah Sampang. 
SAMPANG, Madurapost.co.id - Peringatan Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2019, disambut riang gembira oleh Keluarga Besar Pondok Pesantren (PP) Al Bashrowi Desa Bira Timur, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang,  Selasa (22/10/2019).

Pantauan Crew Madurapost.co.id, Para santri kompak mengenakan sarung saat menggelar upacara bendera yang berlangsung di halaman Madrasah Miftahul Ulum Albashrowi

Pengasuh Ponpes Al Bashrowi, RKH. Mahrus Ali Baidhowi, berpesan agar para santri tetap menjaga dan merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan penuh ketulusan dan keikhlasan. Menurutnya, santri merupakan aset bangsa serta benteng NKRI
"Santri adalah generasi pelanjut perjuangan para ulama dari masa ke masa," Terang Pria yang akrab disapa Ra Mahrus.

Selain itu, Ra Mahrus juga berpesan, seyogianya para santri bisa mencontoh perjuangan Pendiri NU, K.H Hasyim Asyari. Hal tersebut merupakan kewajiban bagi para santri untuk menjadi cermin kebangkitan bangsa demi tercapainya cita-cita para pendahulunya.

"Tidak bisa dipungkiri, Indonesia merdeka, berdaulat berkat perjuangan para ulama dan guru-guru kita di masa lalu, maka sudah sepantasnya kita merawat titipan beliau ini," imbuhnya.

Ra Mahrus juga sangat rasa  terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo yang sudah menetapkan Hari Santri sebagai Hari Nasional. Hal tersebut adalah bentuk penghormatan yang luar biasa dari Pemerintah Republik Indonesia kepada para ulama dan santri di seluruh tanah air.

Sekedar diketahui, Hari Santri Nasional (HSN) pertama kali ditetapkan pada tahun 2015 oleh presiden ke 7 Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 22 Tahun 2015 yang ditanda tangani pada 15 Oktober 2015. (mp/ron/din)