Sebelum BPNT Tahap II Cair, Dinsos Lakukan Verval Data
Cari Berita

Sebelum BPNT Tahap II Cair, Dinsos Lakukan Verval Data

Tuesday, 10 September 2019

Dinas Sosial Kabupaten Bangkalan memberi arahan terhadap pendamping dan warga di kecamatan Tanah Merah

BANGKALAN, Madurapost.co.id - Perbaikan data program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) terus dilakukan sebelum realisasi tahap II dicairkan. Selasa, (10/9/19).

Iwan Setiawan, selaku sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten Bangkalan mengutarakan bahwa, langsung mendatangi kepengurusan yang ada di bawah untuk memastikan verifikasi dan validasi (verval) data penerima BPNT sesuai dengan data yang ada.

"Insyaallah realisasi bulan ini, tapi surat dari Kemensos (Kementerian Sosial) belum turun," tuturnya (9/9/19) saat monev di Kecamatan Tanah Merah.

Dilakukannya turba untuk memberikan pengarahan dan pemahaman kepada tim yang ada di setiap kecamatan dalam perbaikan data yang valid sekaligus melakukan monitoring dan evaluasi (monev) kesiapan e-warung setiap desa. Pihak Dinsos didampingi tim koordinasi (timkor) yang terdiri dari Polri, Jaksa, Ispektorat Kabupaten, dan LSM.

Iwan mengatakan, verval data harus didata dengan cermat dan teliti, karena semua program bantuan sosial (bansos) titik akhir penentu adalah basis data terpadu (BDT), dan data penerima bansos harus berbasis by name by NIK.

"Hasil pelaksanaan verval kita tunggu untuk finalisasi, Sehingga kedepannya data itu benar-benar valid" imbuhnya saat diwawancara oleh media. (mp/sur/rul)