Polres Pamekasan Gelar Apel Pasukan untuk Kesiapan Pilkades Serentak 2019
Cari Berita

Polres Pamekasan Gelar Apel Pasukan untuk Kesiapan Pilkades Serentak 2019

Tuesday, 10 September 2019

Polres Pamekasan Gelar Apel Pasukan untuk Kesipan Pilkades Serentak 2019. (Foto: Efita/Biro Pamekasan)

PAMEKASAN, Madurapost.co.id - Dalam rangka Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Kepolisian Resort (Polres) Pamekasan menggelar apel pasukan pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) seretak 2019 di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Selasa (10/9/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Pamekasan, Jajaran Forkopimda, seluruh cakades dan seluruh pasukan pengamanan gabungan yang melibatkan TNI/Polri dan Satpol PP.

Dalam sambutannya, Kapolres Pamekasan, AKBP TeguhWibowo menuturkan, tahapan pilkades sudah dilaksanakan oleh pihak panitia pemilihan kepala desa (P2KD) setempat.

Untuk itu, apel pasukan yang digelar kali ini untuk mempersiapkan dan mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dimulai besok, Rabu (11/9/2019).

Adapun himbauan Kapolres Pamekasan terhadap pasukan pengamanan Pilkades, yaitu:
1. Siapkan mental dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa, komitmen moral, dan disiplin kerja yang tinggi denga rasa iklhlas.
2. Segera kenali wilayah dimana pasukan ditempatkan, dan laksanakan tugas secara profesional dan laukan tindakan Preentif, Preeventif dan Represif dan pastikan 60 menit sebelum pelaksaanan pikades pasukan pengamanan sudah berada TPS.
3. Mengecek kondisi personel keamanan dari Pra hingga pelaksanaan Pilkades.
4. Selalu memonitor perkembangan situasi TPS dan tingkatkan kewaspadaan terhadap segala hal yang tidak diiginkan.
5. Menghimbau warga masyarakat untuk tidak membawa senjata tajam dan senjata api dan barang barang yang berbahaya lainnya ke TPS. Apabila ditemukan hal yang tidak diinginkan maka segera melapor perwira pengendali.
6. Jaga situasi keamanan dan jika tidak bisa agar segera melapor untuk mendapatkan bantuan personel pengamanan.
7. Melaporkan secara berjenjang, rutin, dan berkala terkait pelaksanaan pilkades dan membuat laporan pelakasanaan pilkakades.

"Kepada para pasukan pengamanan, selamat bertugas," kata Teguh Wibowo.

Sementara itu, Dandim 0826 Pamekasan, Letkol Inf M. Efendi menyampaikan, bahwa usai pelaksanaan apel gelar pasukan tersebut, anggotanya langsung akan disebar ke lokasi Pilkades untuk menempati titik-titik pengaman yang sudah ditentukan.

Tak tanggung-tanggung, dalam Pilkades serentak 2019 ini, Dandim 0826 Pamekasan menyiapkan 1 Panzer Anoa dari Yonmek 516/CY.

"Kami berharap pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019 bisa berjalan tertib, aman dan lancar," paparnya. (mp/eft/zul)