Plt Kadishub Bangkalan Dinilai tidak Becus.
Cari Berita

Plt Kadishub Bangkalan Dinilai tidak Becus.

Monday, 30 September 2019

Plt Kadishub M Arifin saat diwawancarai oleh media.(Foto: Suryadi/Biro Bangkalan)

BANGKALAN, Madurapost.co.id - DPD LSM Lira geruduk Dinas Perhubungan (Dishub) kabupaten Bangkalan. Senin, (30/9/19).

Hal itu disebabkan maraknya parkir liar dan penanarik tarif parkir tidak sesuai dengan ketentuan dalam perda no 9 tahun 2019, tentang pajak parkir dan retribusi parkir dengan tarif Rp. 1.000 khusus roda duandiambil Rp. 2.000 sehingga membuat masyarakat Bangkalan semakin geram.

Makmun menjelaskan dalam orasinya bahwa Bangkalan sudah berubah menjadi kota seribu parkir, parkir liar di setiap jalan, toko, dan rumah makan yang membuat kemacetan di kabupaten Bangkalan.

"Jika bapak tidak mampu menangani permasalahan parkir di Bangkalan lebih baik mundur saja," ujarnya di depan Dishub.

Dan dirinya menambahkan bahwa pungutan liar (pungli) parkir di Bangkalan sudah marak mulai dulu, namun sepertinya pihak dishub menutup mata.

"Pungli parkir sepertinya dibiarkan saja oleh pihak dishub, bahkan kami menduga ada kongkalikong antara pihak dishub dan juru parkir," tegasnya.

Plt Dinas Perhubungan M Arifin menjelaskan terkait dugaan pungli yang dijadikan tuntutan oleh LSM Lira,bahwa pihaknya perlu dukungan dari masyarakat.

"Itu masukan buat kami agar untuk lebih optimal lagi dalam melakukan tugas," jawabnya.

"Sebenarnya rambu-rambu itu sudah mewakili petugas, tapi masyarakat prilakunya seolah-olah tidak mendukung. Kita akan melakukan tindakan tegas dengan cara mencabut surat izin bagi pelanggar" imbuhnya.

75 Jumlah titik parkir se Bangkalan  yang ditangani oleh dishub dan dipertanyakan pengelolaan yang dinilai samraut oleh pendemo.

Sedangkan munurut Mujiburrohman selaku ketua komisi A DPRD Bangkalan menjelaskan segera sosialisasikan, dan sesuaikan dengan perbup terkait tarif dan parkir di Bangkalan.

"Kami akan memanggil dinas terkait. Pihak dishub harus segera mensosialisasikan terkait tarif yang tidak sesuai. Dan juga Dishub harus memberikan teguran bagi pengelola, dan ditindak tegas untuk parkiran yang ada di Alfamart dan Indomart karena di sana sudah jelas gratis," pungkasnya. (mp/sur/rul).