Pemilihan Badan Kehormatan DPRD Bangkalan berjalan Alot
Cari Berita

Pemilihan Badan Kehormatan DPRD Bangkalan berjalan Alot

Tuesday, 24 September 2019

Saat penetapan Badan Kehormatan di gedung DPRD Bangkalan.(Foto: Suryadi Arfa/Biro Bangkalan)

BANGKALAN, Madurapost.co.id - Pemilihan Badan Kehormatan (BK) DPRD Bangkalan berjalan sangat alot yang dilakukan oleh anggota DPRD Bangkalan periode 2019-2024.

Hal itu diwarnai dengan berbagai interupsi dari masing-masing anggota terkait sistem pemilihan. Selasa, (24/9/19).

Rapat yang sempat diskorsing pada (23/9/19) baru saja di cabut sekitar pukul 13.00 wib, namun ketika baru dimulai sudah banyak masukan dan gugatan dari anggota DPRD dan calon BK.

Nama calon badan kehormatan DPRD kabupaten Bangkalan dan jumlah suara yang diperoleh, nantinya dari 7 calon akan diambil 5 kandidat.

1. Abdul Manap (Gerindra)  9
2. Agus Suwito (PDI-P) 9
3. Abdul Aziz (PPP) 7
4. M. Jamhuri (PKB) 6
5. Fadhur Rossi (Demokrat) 8
6. Solihin (PAN) 0
7. H Musawwir (PKS) 7

Namun sebelumnya rapat sempat banjir dengan interupsi dari masing-masing anggota. Seperti yang di sampaikan oleh Nurhasan selaku ketua komisi D DPRD Bangkalan. Bahwa pemilihan BK itu dipilih oleh anggota BK. "Jangan menyimpang dari tatip," tegas kader dari partai PPP itu.

Sedangkan anggota DPRD kabupaten Bangkalan yang lain meminta pemilihan BK sesuai dengan rangking. "Pemilihan sesuaikan saja dengan rangking," paparnya.

Dari 7 kandidat yang masuk pada BK diantaranya: Abdul Manap, Agus Suwito, Abdul Aziz, Fadhur Rossi, dan H Musawwir.

Setelah melakukan musyawarah di ruangan Komisi A untuk menentukan siapa yang akan menjabat ketua, akhirnya diputuskan melalui diskusi yang cukup lama. Akhirnya Fadhur Rosi Ditetapkan sebagai ketua BK, Agus Suwito sebagai wakil. Setelah melakukan berbagai pertimbangan.

Ketua DPRD Bangkalan Mohammad Fahad menjelaskan dengan terbentuknya BK, semoga kedepannya DPRD bisa bekerja dengan baik.

"Dari awal kita acuannya PP 12/2018. Semua sudah melalui mufakat dan musyawarah," tuturnya saat diwawancarai oleh awak media usai rapat paripurna. (mp/sur/rul).