Masyarakat Mengeluh, Program PAMSIMAS Di Desa Bata Timur Mangkrak
Cari Berita

Masyarakat Mengeluh, Program PAMSIMAS Di Desa Bata Timur Mangkrak

Sunday, 1 September 2019

Program Pamsimas di Desa Bata Timur, Bangkalan yang tidak berfungsi akibat kegagalan kontrusi
BANGKALAN, Madurapost.co.id - Penyediaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) merupakan program dari pemerintah pusat untuk mewujudkan layanan air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakat di wilayah perdesaan dan pinggiran kota. Dengan tujuan menempatkan masyarakat sebagai pelaku utama dan sekaligus penanggung jawab pelaksanaan kegiatan tersebut.

Namun tidak demikian yang terjadi di Desa Bata Timur kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Adanya program Pamsimas justru menimbulkan polemik dimasyarakat sekitar.

Hal itu tidak lepas dari keberadaan program tersebut yang diduga hanya dijadikan sebagai sarana oleh Kepala Desa untuk memperoleh keuntungan.

Sejak selesainya proyek Pamsimas yang ada di Dusun Duko Desa Bata Timur, masyarakat belum pernah merasakan percikan air dari program tersebut. Bahkan mesin yang ada sudah rusak sebelum digunakan.

Safii yang merupakan warga setempat mengatakan bahwa masyarakat tidak pernah dilibatkan dalam program tersebut, baik sebelum maupun setelah selesainya proyek Pamsimas.

"Masyarakat tidak ada yang tahu mas, ini proyek untuk apa dan mau digunakan untuk apa. Karena memang tidak pernah ada sosialisasi dari kepala desa" Kata Safii.

Selain itu, keberadaan proyek yang tidak berfungsi (Mangkrak) Merupakan indikasi bahwa adanya proyek Pamsimas didesa Bata Timur hanya dijadikan sarana mencari keuntungan oleh pemerintah desa.

Sampai berita ini dipublikasikan, Belum ada konfirmasi dari pemerintah desa. (mp/mat/rus)