Pengakuan Masyarakat Desa Bira Barat Menguatkan Laporan LSM JCW Terkait Pungli Prona
Cari Berita

Pengakuan Masyarakat Desa Bira Barat Menguatkan Laporan LSM JCW Terkait Pungli Prona

Wednesday, 7 August 2019

Screnshot, Kepala desa Bira Barat (Hj Juhairiyah)

SAMPANG, Madurapost.co.id - Beredar video pengakuan masyarakat desa bira barat kecamatan katapang kabupaten sampang, terkait adanya pungutan sebesar Rp 2,5 jt untuk pembuatan sertifikat tanah dari program Prona.

Berdasarkan pengakuan warga yang berada dalam Video tersebut, Pungutan sebesar Rp 2,5 juta dilakukan oleh Kepala Dusun dan Kepala Desa Bira Barat.

Video dengan durasi 01.35 menit tersebut, Nampak seorang ibu menjelaskan bahwa uang pungutan sebesar Rp 2,5 dibayar kepada SD (Inisial) sebesar 1 Jt dan dibayar kepada kepala desa sebesar Rp 1,5 Jt.

Sebagaimana diketahui, Dugaan Pungutan (Pungli) dalam program Prona tahun 2018 didesa Bira Barat kecamatan Katapang sudah dilaporkan oleh LSM JCW Jawa Timur kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Sampang.

Khairul Kalam dari LSM Jatim Corruption Watch (JCW) Jawa Timur mengatakan bahwa dugaan Pungli program Prona tahun 2018 didesa Bira Barat Sangat memberatkan masyarakat.

"Kami terus mengumpulkan bukti - bukti adanya dugaan Pungli di Desa Bira Barat. Masyarakat juga siap menjadi saksi" Kata Khairul

Lebih lanjut khairul mengatakan bahwa dalam laporan tersebut tidak ada kaitannya dengan persoalan politik apalagi menjelanng pilkades Desa Bira Barat.

" Ini persoalan hukum, Delik dan Aturannya juga sudah jelas, Jadi jangan kaitkan dengan masalah politik" imbuhnya

Selain itu khairul mengajak masyarakat Desa Bira Barat yang merasa menjadi korban adanya pungutan yang dilakukan oleh oknom pemerintah desa Bira Barat untuk bersama melaporkan kepada aparat penegak hukum.

Dalam kesempatan yang berbeda, Melalui salah satu media online, Kepala desa Bira Barat (Hj.Juhairiyah) Menepis tudingan tersebut.

Bahkan Juhairiyah akan menempuh jalur hukum atas tudingan tersebut, Karena dianggap fitnah. (mp/man/zul)