Pemilihan Ketua DPRD Sampang, Tunggu Keputusan DPP PKB
Cari Berita

Advertisement

Pemilihan Ketua DPRD Sampang, Tunggu Keputusan DPP PKB

Thursday, 15 August 2019

Kantor DPRD Kabupaten Sampang

SAMPANG, Madurapost.co.id - Pada kontestasi pemilihan pemilihan legislatif (pileg) 2019 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sampang memperoleh suara terbanyak dan mengantongi tujuh kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Dengan begitu, partai berlambang bumi yang dikelilingi sembilan bintang itu mendapatkan jatah kursi ketua DPRD.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Sampang, KH. Fauzan Zaini mengatakan, saat ini sudah ada tiga nama yang dipilih dan diajukan kepada DPP sebagai kandidat ketua DPRD Sampang. Yakni, Mushaddaq Chalili, Moh. Fadol, dan H Ali. Tapi hingga saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terkait dengan siapa yang disetujui untuk menduduki jabatan strategis tersebut.

"Sudah kami ajukan tiga nama untuk menjabat sebagai ketua dewan,"ucapnya kepada Madurapost. Kamis (15/08/19)


Dia mengatakan, tidak ada kriteria khusus dalam pemilihan calon ketua dewan. Terpenting, ialah mereka adalah kader partai yang memiliki komitmen kuat untuk memajukan PKB, mengabdi kepada Nahdlatul Ulama (NU), dan menperjuangkan kesejahteraaan masyarakat Kota Bahari.

"Semua calon yang diusulkan ke DPP untuk menjadi ketua DPRD diperlakukan sama. Tidak ada yang diprioritaskan," terangnya.


Pemilihan calon ketua dewan ditentukan melalui musyawarah para pengurus DPC, Kiai, dan ulama yang ada di PKB Sampang. Setiap calon memiliki jabatan stuktural berbeda di partai. H. Ali menjabat sebagai wakil ketua DPC, Moh. Fadol ketua pengurus anak cabang (PAC) Kecamatan Omben. Sementara, Mushaddaq Chalili menjabat sebagai ketua PAC Kecamatan Sreseh.


"Sampai saat ini belum ada jawaban dari DPP. Mungkinan keputusan dan SK ketua dewan akan turun akhir Agustus. Prinsipnya, kami menerima hasil keputusan yang dikeluarkan DPP," tuturnya.

Sementara, untuk pemilihan ketua Fraksi diajukan ke DPW PKB Jatim. Namun sebelum itu, ada pembahasan di internal partai. Pihaknya sudah mengajukan empat nama calon ketua Fraksi. Yakni, Baihaki, Ach. Heriyanto Shaleh, Abdurohim, dan Fathul Qoribullah. Kader yang akan menjabat sebagai ketua fraksi sepenuhnya ditentukan DPW. Sementara pihaknya hanya sebatas mengusulkan.

"Para kandidat ketua Fraksi sudah menjalani tahap seleksi dan tes dan proper tes. Hasilnya akan diumumkan berbarengan dengan SK ketua dewan," tukasnya. (mp/zen/rus)