Multitalenta Melalui Kompetisi Porseni 2019 Kemenag Pamekasan Stimulasi Siswa MI
Cari Berita

Multitalenta Melalui Kompetisi Porseni 2019 Kemenag Pamekasan Stimulasi Siswa MI

Wednesday, 7 August 2019

Kasi Penma Kemenag Pamekasan. Rosul, M.MPd saat memantau digelarnya kompetisi catur di ajang Multi Event Porseni MI 2019 (foto Safrai/Biro Pamekasan)

PAMEKASAN, Madurapost.co.id - Kemenag Pamekasan melaksanakan rentetan jadwal ajang multi event Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) 2019 tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Kabupaten Pamekasan di MIN 1 Pamekasan Dusun Konang Barat Desa Konang Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan Provinsi Jawa Timur. Rabu (7/8/19).

Dalam porseni kali ini Kemenag Kabupaten Pamekasan mengusung tema “Madrasah Hebat Dan Bermartabat", dengan tema tersebut diharapkan Porseni 2019 bisa sukses berjalan sesuai harapan.

Kompetisi Porseni 2019 Kemenag Kabupaten Pamekasan diikuti sebanyak 345 kompetitor,
diantaranya 2 Madrasah Ibtidaiyah Negeri dan 13 kecamatan dari tingkat MI se Kabupaten Pamekasan.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penma), Drs. Rosul M.MPd,. Mengatakan, di ajang multi event olahraga dan seni ini untuk mencetak bibit-bibit baru penerus generasi bangsa yang mempunyai dedikasi tinggi dalam ketrampilannya dibidang olahraga dan seni.

"Semoga porseni kali ini, anak didik yang terjaring betul-betul mampu dibidangnya," katanya

Pada cabang seni yang dilombakan, kata Kasi Penma Rosul seraya melanjutkan, ada 12 cabang lomba, diantaranya, Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ), pidato bahasa Indonesia, pidato bahasa Arab, pidato bahasa Inggris, Tahfidzul Qur'an juz 30, Puisi, Melukis, dan Kaligrafi.

Sementara pada bidang olahraga ada beberapa perlombaan yang dilombakan antara lain, lomba lari, catur, bulu tangkis, tenis meja putera. Kebetulan dijuklak untuk tenis meja putri tidak dilombakan.

"Semuanya ada 12 cabang perlombaan yang digelar pada hari ini, namun tenis meja putri tidak ada dijuklaknya,"tambahnya

Ketua Panitia Porseni 2019 Sholeh Suaidi, Berharap banyak kepada official juara satu untuk lebih memacu semangat belajar dan giat berlatih karena nanti diajang Porseni Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur lawannya dari Kabupaten lain sangat hebat.

"Saya harap kepada juara satu dan semua pihak proaktif, untuk mempersiapkan diri di ajang Porseni Kanwil Kemenag Jawa Timur yang akan datang. Saya rasa kompetitor dari kabupaten lain sangat hebat,"ucap Kepala MIN 2 Pamekasan ini.

Porseni selain sebagai hiburan, kata Sholeh Suaidi melanjutkan, juga sebagai sarana untuk mengembangkan bakat dan minat serta menyalurkan multitalenta anak didik dalam hal seni dan olahraga. Juga dengan adanya porseni mengajarkan kepada anak didik untuk menjunjung tinggi sportifitas dan berani mengakui kekalahan.

"Porseni merupakan sebuah wadah dimana kita dapat menyalurkan minat, bakat dan hobi bagi siswa untuk menggali multi talentanya, sehingga nantinya mampu membawa prestasi dan mengharumkan nama baik Kemenag Kabupaten Pamekasan di kancah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur,"tambah Sholeh Suaidi

Sementara itu, Kepala MIN 1 Pamekasan Mohammad Saleh Basid, Sangat bahagia dan bangga karena lembaga yang dipimpinya ditunjuk sebagai tuan rumah diajang porseni 2019 ini.

"Saya ucapkan terima kasih dan selamat datang kepada segenap jajaran Kemenag Pamekasan, Panitia Porseni 2019 dan Guru MI se Kabupaten Pamekasan juga siswa-siswi yang berkompetisi saat ini. Hal ini merupakan kehormatan dan kebanggaan karena lembaga kami dipercaya sebagai tuan rumah,"ucapnya

Lebih lanjut Kepala MIN 1 Pamekasan menambahkan, peserta porseni yang juara satu nanti bisa mengharumkan nama baik Kemenag Pamekasan di kancah Provinsi dan dapat memacu semangat anak didik dil lembaganya.

"Sebenarnya saya diuntungkan dengan porseni kali ini, anak didik di MIN 1 Pamekasan semakin semangat belajar untuk jadi perwakilan Kemenag Pamekasan. Siapapun nantinya yang jadi perwakilan semoga berhasil dan mengharumkan nama baik Kemenag Pamekasan,"pungkasnya.

Sekedar untuk diketahui, jadwal dan tempat untuk juara 1 yang akan dikirim ke tingkat Provinsi dari semua tingkatan. Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) akan digelar pada september bertempat di Kabupaten Lumajang.

Untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) akan digelar di bulan Oktober di Kabupaten Ponorogo. Sedangkan tingkat Madrasah Aliyah (MA) akan digelar pada bulan Nopember di Kabupaten Bangkalan Madura. (mp/rai/zul)