Menjelang Hari Raya Kurban, Dispertanak Bangkalan Lakukan Pantauan Hewan Kurban
Cari Berita

Menjelang Hari Raya Kurban, Dispertanak Bangkalan Lakukan Pantauan Hewan Kurban

Wednesday, 7 August 2019

Dispertanak saat memeriksa sejumlah sapi kurban,(Foto: Suryadi Biro Bangkalan)

BANGKALAN, (Madurapost.co.id) - Kepala bidang kesehatan masyarakat veteriner lakukan pantauan hewan kurban di kelurahan Pangeranan Kecamatan Bangkalan. Rabu, (7/8/19).

Hal itu dilakukan karena semakin dekatnya hari raya kurban. Sehingga masyarakat melakukan perawatan terhadap hewan yang nantinya akan dijual, agar bisa dijual dengan harga yang mahal.

Salah satunya adalah Alek Dwi Mulya Buana sebagai penerus usaha keluarga penjual sapi dari tahun 2004 menjelaskan bahwa untuk mendapatkan kualitas sapi yang baik, ia harus melakukan perawatan yang baik.

"Pakan terjaga sehari tiga kali, dikasih ampas kecap, dedak padi, dan konsentrat," ujarnya saat diwawancarai di depan kandang sapinya.

Sementara menurut Siti Sumira Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner mengatakan terus menerus melakukan pemeriksaan fisik hewan kurban.

Siti Sumira menjelaskan pemeriksaan hewan kurban  meliputi temperatur suhu tubuh, gerakan, kulit, dilihat takut ada penyakit kulit, panis, dan umur (apakah gigi susu sudah diganti gigi tetap), cacat (sudah bisa dilihat secara kasat mata, apakah tanduk simetris, kaki tidak pincang, dan mata apakah buta atau tidak.

"Melakukan pemantauan dan pengawasan, agar para masyarakat pembeli hewan kurban bisa aman, agar masyarakat tidak salah milih,"terangnya.

Lebih lanjut Siti Sumira juga menjelaskan bukti bahwa sapi yang dijual memang sudah layak untuk dijadikan kurban maka diberikan surat kesehatan hewan.

"Hewan yang sudah dilakukan pemeriksaan nantinya pemilik akan diberi surat kesehatan hewan kurban," imbuhnya. (mp/sur/rul).