Kondisi Sekolah Tidak Layak, Pemerintah Kabupaten Bangkalan Tutup Mata
Cari Berita

Kondisi Sekolah Tidak Layak, Pemerintah Kabupaten Bangkalan Tutup Mata

Tuesday, 20 August 2019

Kondisi ruang kelas SDN 01 Gunilap Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan

BANGKALAN, Madurapost.co.id - Wali murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Gunilap Kecamatan Sepulu datangi komisi D DPRD Bangkalan, terkait kondisi bangunan yang sangat tidak layak pakai. Selasa, (20/8/19).

Pasalnya bangunan yang biasanya dijadikan tempat belajar mengajar sangat memprihatikan, kelas yang hanya beralas tanah, atap bocor, dan fasilitas yang tidak ada. Hal itu dijelaskan oleh wali murid yang sangat khawatir ketika nanti sudah musim hujan.

"Kelas tidak layak, ada plafon yang jatuh saat anak-anak ada di dalam kelas, dan sempat jatuh ke salah satu murid yang berdampak luka, serta tidak ada kursi untuk belajar, sehingga murid harus berdiri," ujar Mursyid wali murid SDN 1 Gunilap kecamatan Sepulu Bangkalan.

Sementara itu, Dinas pendidikan (Disdik) Bangkalan yang diwakili oleh Mohammad Toha selaku kasi Lembaga Sarana dan Prasarana memaparkan bahwasannya untuk mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAUM) tergantung dari laporan dapodik yang diajukan.

"Semua sesuai dengan pelaporan dapodik, serta proposal yang diajukan RKB bukan renovasi. Apakah sesuai atau tidak,"  kilahnya.

Ketua komisi D Bangkalan mengintruksikan kepada dinas pendidikan (Disdik) dengan keadaan sekolah Gunilap yang sangat memprihatinkan agar diperhatikan.

"Untuk tahun 2020 ini hukumnya wajib untuk Diknas, mengutamakan SDN 1 Gunilap, walupun tidak ada dana DAK, bisa menggunakan dana DAUM. Ketika di SD di kota bisa mendapatkan bantuan miliaran kenapa di Gunilap yang hanya butuh sedikit kok dipersulit, ketika pendidikan ini gagal berarti diknas gagal dalam menjalankan tugas" tegasnya. (mp/sur/rul)