Kemenag Pamekasan Gali Potensi Anak Didik Melalui Ajang Multi Event di Porseni 2019
Cari Berita

Advertisement

Kemenag Pamekasan Gali Potensi Anak Didik Melalui Ajang Multi Event di Porseni 2019

Tuesday, 6 August 2019

Pelepasan Balon oleh Kepala Kemenag Pamekasan pertanda Porseni 2019 resmi dibuka (foto Safrai/Biro Pamekasan).

PAMEKASAN, Madurapost.co.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pamekasan menggelar Opening Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) 2019 dilapangan belakang MAN 2 Pamekasan, Kelurahan Lawangan Daya, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur, Selasa (6/8/19).

Porseni adalah ajang multi event olahraga dan seni nasional yang merupakan titik kulminasi kegiatan perolahragaan dan seni dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga dan seni anak didik di lembaga pendidikan. 

Porseni 2019 tingkat Kemenag Kabupaten Pamekasan akan mempertemukan sejumlah 1400 lebih kontingen Madrasah dari tingkat MI dan MTs dan MA yang ada di wilayah Kabupaten Pamekasan. Dan porseni ini akan digelar hari rabu tanggal 7 bulan Agustus 2019.

Opening Porseni 2019 tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pamekasan, dibuktikan dengan Pelepasan balon yang bertuliskan 'Porseni 2019 Kemenag Pamekasan'.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pamekasan, Drs, Fandi, S.Ag,. MHI, dalam sambutannya merasa bangga kepada seluruh kontingen Porseni Madrasah se Pamekasan. Menurutnya, dalam mengahadapi Porseni, anak didik diminta untuk lebih semangat belajar dan menjunjung tinggi sportifitas dan tetap menjaga ikatan ukhuwah islamiyah.

"Diajang Porseni 2019 ini, ayo kita tingkatkan semangat belajar, dan sportifitas bertanding dan tetap menjunjung ikatan ukhuwah islamiyah," kata Fandi.

Dengan semua itu, sambung dia, peserta porseni maupun KSM semakin didepan dan dapat mengharumkan nama baik Kemenag Pamekasan pada khususnya dan Kabupaten Pamekasan secara umum. 

"Saya berharap anak didik dilingkungan Kemenag bisa meraih juara dan dapat mengharumkan nama baik Kabupaten Pamekasan dalam mengikuti Porseni dan KSM ini," imbuhnya. 

Senada disampaikan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Drs. Rosul M.MPd mengatakan, dalam ajang multi event olahraga dan seni, semua pihak mewanti-wanti untuk menjunjung tinggi netralitas, sportifitas, adil dan jujur.

"Kita ciptakan netralitas, sportifitas, adil dan jujur diajang multi event olahraga dan seni 2019 ini,"kata Rosul kepada Madurapost.co.id

Kendati demikian kita berharap, tambah Rosul saat diwawancarai, agar terjaring juara yang betul-betul sesuai kompetensi dibidangnya. Setelah terseleksi juara 1 akan jadi perwakilan Kemenag Kabupaten Pamekasan ke Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur.

"Akan diambil juara satu dari masing-masing cabang perlombaan (cabor) sebagai perwakilan Kemenag Kabupaten Pamekasan ketingkat Provinsi," tambahnya. 

Ia optimis sekali untuk meraih juara umum dalam ajang porseni 2019 walaupun harus bersaing ketat dengan lawan-lawanya dari kabupaten yang lain.

"Saya optimis sekali perwakilan Kemenag Pamekasan nanti di Porseni Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur akan meraih juara umum walaupun harus bersaing ketat,"imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Porseni 2019 Kemenag Kabupaten Pamekasan, Sholeh Suaidi, M.Pd mengatakan, tujuan digelarnya porseni 2019 ini untuk menggali potensi anak didik dari segi minat, bakat yang penuh sportifitas.

"Sehingga nantinya mampu membawa prestasi dan mengangkat nama Kemenag Kabupaten Pamekasan di kancah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur,"ucap Kepala Madrasah MIN 2 Pamekasan dengan lugas dan tegas.

Sekedar untuk diketahui, jadwal dan tempat untuk juara 1 yang akan dikirim ke tingkat Provinsi dari semua tingkatan. Tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) akan digelar pada september bertempat di Kabupaten Lumajang.

Untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) akan digelar di bulan Oktober di Kabupaten Ponorogo.
Sedangkan tingkat Madrasah Aliyah (MA) akan digelar pada bulan Nopember di Kabupaten Bangkalan Madura. (mp/rai/rus)