Jawaban KPU Memperkuat Gugatan Nizar Zahro di MK
Cari Berita

Advertisement

Jawaban KPU Memperkuat Gugatan Nizar Zahro di MK

Sunday, 4 August 2019


Caleg DPR RI Dapil Jatim XI Moh Nizar Zahro

JAKARTA, Madurapost.co.id - Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang pembacaan putusan untuk 202 perkara sengketa hasil Pileg 2019, mulai Selasa (6/8) hingga Jumat (9/8). Dua ratusan perkara itu adalah yang terakhir yang akan diputuskan MK dalam persidangan sengketa Pileg 2019.

Diantaranya adalah perkara nomor 157-02-14/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019 yang diajukan oleh pemohon atas nama Partai Gerindra yang menggugat atas hilangnya suara Caleg DPR RI Dapil Jatim XI, Moh Nizar Zahro

Hilangnya perolehan suara Nizar Zahro dalam rekapitulasi suara di kabupaten Bangkalan sebanyak 58.690 diduga berpindah kepada salah satu Caleg DPR RI Dapil XI Dari Partai Golkar atas nama Zainuddin Amali (ZA) sebagai pihak terkait.

Dalam proses persidangan di MK, Nizar Zahro menyerahkan bukti berupa formulir C1 yang diperoleh dari para saksi partai dan C1 dari situng yang di upload KPU Bangkalan.

Berdasarkan fakta persidangan dan jawaban KPU selaku termohon yang dituangkan dalam surat jawaban termohon atas pemohon dari Partai Gerindra. Ditemukan jawaban KPU yang tidak bisa menunjukan data falid sesuai C1 atas perolehan suara Zainudin amali .

Bahkan KPU membenarkan perolehan suara Nizar Zahro Sebanyak 246.682 sedangkan suara Partai Golkar hanya tertulis ..... (tidak menyebutkan angka).

Demikian itu sesuai dengan surat Jawaban KPU selaku termohon yang disampaikan ke Mahkamah Konstritusi pada halaman 13 poin ke 3 dan 4.

Berikut kutipan jawan KPU,

" 3. Merupakan fakta hukum , Berdasarkan Form Model DC Provinsi Jawa Timur perolehan suara bagi PEMOHON adalag sejumlah 246.682,"

" 4. Bahwa merupakan fakta hukum, berdasarkan form C1, DA1 dan DB1, Perolehan suara partai Golkar adalah ... Suara,"

Demikian itu disampaikan Nizar zahro menanggapi surat jawaban yang di sampaikan KPU selaku termohon.

Menurutnya, Jawaban KPU tidak memberikan data yang valid, justru KPU membenarkan perolehan suara miliknya.

" KPU kan sudah menjawab secara tertulis kalau suara saya 246.682, dan KPU tidak bisa menyebut berapa jumlah perolehan suara dari Golkar" Kata Nizar

Menanggapi jadwal putusan sidang di MK, Nizar Zahro mengharap agar Para Hakim Mahkamah Konstitusi  Mengabulkan semua gugatan yang telah  disampaikan sesuai fakta persidangan. (mp/uqi/zul)