LSM GEMPAR Soroti Pekerjaan Proyek Tembok Tebing Sungai Di Kelurahan Patemon Pamekasan
Cari Berita

LSM GEMPAR Soroti Pekerjaan Proyek Tembok Tebing Sungai Di Kelurahan Patemon Pamekasan

Tuesday, 2 July 2019

Proyek Tembok Tebing Sungai di Kelurahan Patemon Kecamatan Kota Pamekasan 

PAMEKASAN, (Madurapost.co.id- Proyek pemerintah akhir - akhir ini di kabupaten pamekasan nampak tidak tertib aturan administrasi pekerjaan proyek.

Salah satunya proyek Tembok Tebing Sungai di Kelurahan Patemon Kecamatan Pamekasan Jawa Timur. Pasalnya disepanjang kegiatan proyek tersebut tak nampak adanya papan informasi terkait kejelasan besarnya anggaran, nama kegiatan, dinas yang terkait dan asal anggaran.

Seperti yang diungkapkan oleh Rahem ketua Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) GEMPAR ( Gerakan Masyarakat Pamekasan )

"saya sama sekali tidak nampak ada papan yang menancap yang bertuliskan jenis kegiatan, pelaksana kegiatan, asal anggaran, jumlah anggaran dan dinas yang terlibat dalam anggaran kegiatan ini," ujar Rahem LSM GEMPAR.

Terlepas dari disembunyikannya identitas kegiatan proyek tersebut. Rahem juga memberikan sedikit kecurigaannya terkait tata cara pelaksanaan kegiatan proyek tersebut.

"saat sebuah papan informasi tidak terlebih dulu dipasang berarti secara tidak langsung dinas ataupun pelaksana kegiatan proyek ini ingin menyembunyikan kegiatan tersebut dari masyarakat. Dimana seharusnya masyarakat mempunyai hak khusus dalam mengawal kegiatan proyek agar pelaksanaannya tidak melenceng dari anggaran dan spek pekerjaannya," tuturnya.

"saya curiga kalau pekerjaan ini sedikit melakukan kecurangan terkait tata cara dan bahan yang dipakai dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut. Bentuk proyek ini tidak jelas antara pemasangan miring atau tegak lurus dan bahan campuran perekat antar batu begitu rapuh hingga mudah sekali diremas," jelasnya.

Ketegasan Rahem nampak pada akhir wawancaranya. Bahwa Rahem tidak akan ragu melangkah ke jalur hukum jika terbukti dalam pekerjaan proyek TPT ( Tembok Penahan Tebing ) sungai tersebut ada kecurangan yang dilakukan pihak pelaksana.(mp/can/rul)