Salah Satu Penyebab terjadinya Kebakaran TPA Diduga Akibat Kelalaian UPTD
Cari Berita

Salah Satu Penyebab terjadinya Kebakaran TPA Diduga Akibat Kelalaian UPTD

Wednesday, 19 June 2019

Mobil pemadam Kebakaran Saat melakukan pemadaman Api di TPA Angsanah. (Foto: Fatholla/Reporter Pamekasan)

PAMEKASAN, (madurapost.co.id)- Selain di duga akibat ulah masyarakat bakar kayu terjadinya kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Angsanah, Kecamatan Palenggaan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa timur. Juga diduga akibat Kelalaiyan UPTD sehinga letupan bara api cepat menyebar. Rabu (19/06/2019).

Peristiwa terjadinya kebakaran tersebut sekitar Jam 12: 00 yang mengakibatkan kerugian di taksir puluhan juta rupiah di karenakan Geomemren juga ikut terbakar.

Selain di duga akibat Ulah masyarkat sekitar kebakaran terjadi di  akibatkan kelalayan Kontrol dari UPTD di karenakan saat masyarakat membakar kayu tidak terlantau dari UPTD sehinga  letupan Bara Api masuk ke lokasi TPA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Amin Jabir saat di hubungi Via telpon membenarkan peristiwa tersebut,Bahwa  penyebab terjadinya kebakaran memang di akibatkan Masyrakat yang Bakar- Bakar kayu perkebunan Pohon Jati.

" Kita Bisa melihat  bahwa di perkebunan pohon jati ada sisa masyarakat yang bakar-bakar sehinga tidak menutup kemungkinan letupan Bara Api tersebut masuk ke Dalam TPA  dan disitu terjadi kebakaran karena di TPA banyak sekali sampah - sampah yang mudah terbakar "  tuturnya.

Saat di tanya Identitas Masyakat tersebut dengan singkat Jabir menjawab.

"Untuk itu kami masih belum bisa menjelaskan identitas tapi yang jelas ada Gambaranya "

Amin Jabir juga menuding Kontrol yang kurang maksimal dari UPTD sehinga kebakaran tersebut cepat merambat.

"Seandainya teman-teman UPTD tidak lalai dalam pengontrolan pastinya Api tidak akan cepat merambat ke lokasi TPA dan kebakaran tersebut masih bisa di Cegah" tuturnya.


Reporter : Fatholla
Editor      : Mu'ezul Khoir