BBJT Adakan Gerakan Literasi Nasional yang Ketiga Kalinya di Pamekasan
Cari Berita

Advertisement

BBJT Adakan Gerakan Literasi Nasional yang Ketiga Kalinya di Pamekasan

Wednesday, 10 April 2019

Ketua Panitia Dwi Laily Sukmawati, saat memberikan sambutan pada peserta BBjT (Foto: Fatholla/Biro Pamekasan)

PAMEKASAN, Madurapost.co.id- Untuk ketiga kalinya, Balai Bahasa Jawa Timur (BBJT) menggalakkan kegiatan Literasi di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Rabu, (10/04/19).

Sebelumnya, BBJT mengadakan kegiatan Koordinasi dan Diseminasi Gerakan Literasi pada bulan Maret 2019, kali ini kegiatan literasi bertajuk "Bimbingan Teknis Gerakan Literasi Nasional" dengan sasaran siswa, mahasiswa, dan pegiat literasi.

Kegiatan tersebut diselenggarakan 2 hari pada  tanggal 10--11 April 2019 bertempat di Auditorium IAIN Madura.

Pada kesempatan tersebut, hadir mantan Kepala BBJT dan sekaligus menjadi narasumber, Drs. Amir Mahmud, M. Pd. Mengharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan budaya baca tulis

"Kegiatan literasi merupakan program utama pemerintah untuk meningkatkan budaya baca-tulis. Saya berharap melalui kegiatan ini, kearifan budaya lokal Madura dapat terangkat melalui karya dari peserta bimtek GLN (Gerakan Literasi Nasional) " tuturnya

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Pamekasan, Slamet Goestiantoko, M. Si. menyambut baik kegiatan BBJT tersebut Dan berharap generasi pemuda tergugah dan termotivasi untuk mencintai budaya baca tulis

"Ia berharap dengan kegiatan bimtek GLN, peserta yang mayoritas generasi muda tergugah dan termotivasi untuk mencintai budaya baca-tulis. Ia juga meminta seluruh peserta untuk aktif dan memanfaatkan peluang baik yang diberikan BBJT,"  tuturnya.

Narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain, Drs. Amir Mahmud, M. Pd, Syaf Anton, W. R. (Pegiat Literasi), Lukman Hakim AG (Pimred Radar Madura Bangkalan), dan Julian Royyan (Penulis).

Dwi Laily Sukmawati, selaku ketua panitia
Dalam kegiatan tersebut berharap Generasi Muda dapat menciptakan karya-karya mengenai kearifan budaya lokal Madura

"Saya banyak berharap kegiatan ini dapat menjadi peluang bagi generasi muda untuk terus bersaing dalam berkarya. Dalam kegiatan ini diharapkan muncul karya-karya mengenai kearifan budaya lokal Madura," pungkasnya. (mp/fat/zul)